Selasa, 08 Desember 2015

Pentingnya Udara Bersih Bagi Kehidupan Sehari-hari

Apakah udara yang Anda temui setiap hari berpolusi  seperti debu atau kurangnya kualitas udara yang baik? Kebutuhan akan udara yang bersih adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan, karena dengan udara yang bersih juga dapat membantu kinerja organ tubuh kita dalam bereaksi.
Dengan udara yang bersih akan terasa lebih segar sehingga berfikir juga mampu lebih nyaman.
 

Udara bersih merupakan salah satu kebutuhan penting manusia. Tanpa udara kita tidak dapat hidup karena udara sudah menjadi bagian dari hidup kita. disinilah nilai penting dari udara / Oksigen (O2).

Faktor lingkungan hidup juga sangat berpengaruh terhadap terciptanya udara segar yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tapi semakin era dunia berkembang, kesegaran dan kebersihan udara semakin kecil jumlahnya, apalagi di daerah perkotaan, mungkin kita akan kesulitan mendapatkan supply udara bersih untuk tubuh kita.




Penyebab kurangnya udara bersih di dearah perkotaan adalah :
a. Kurangnya pepohonan hijau 
Pohon merupakan salah satu factor terpenting terciptanya udara yang bersih, karena kita ketahui bahwa sifat pohon adalah menghasilkan atau mengeluatkan oksigen yang berkebalikan dengan kita, jika kita mengeluarkan karbon dioksidan dan menghirup oksigen maka pohon merupakan benda yang seharusnya hidup berdampingan dengan kita agar terciptanya udara yang bersih dan segar.
b. Kebersihan Air
Air juga sangat penting dalam terciptanya kesegaran/kebersihan udara, karena air bersih juga bisa menghasilkan oksigen dan memberikan nutrisi bagi tumbuhan yang akan menghasilkan udara yang bersih. Tapi sayangnya untuk mendapatkan air bersih saat sekarang ini sangat sulit, sungai-sungai sudah tercemari oleh limbah-limbah pabrik yang banyak mengandung zat-zat kimia yang bisa membunuh kejernihan air
c. Asap kendaraan bermotor
Kendaran merupakan alat transportasi yang kita gunakan saat ini, namun dibalik kemudahan yang kita rasakan tanpa kita sadari sesuatu telah direnggutnya, yakni udara segar, yang lambat laun akan hilang dan mulai dipenuhi oleh asap-asap kendaraan yang notabene nya mengandung zat beracun bagi tubuh kita.
Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah dampak pencemaran udara tersebut misalnya
  • Dengan membuat jalur hijau berupa penanaman pohon-pohon di kota-kota besar  agar CO2 sebagai salah satu bahan pencemaran udara dapat terserap kembali melalui daur oksigen dan fotosintesis.
  • Mengurangi penggunaan minyak bumi dan bahan bakar fosil pada industri, pembangkit listrik, dan rumah tangga untuk mengurangi jumlah limbah udara yang terlepas ke atmosfer.
  • Memanfaatkan energi alternatif yang ramah lingkungan, seperti biogas, energi surya, atau energi panas bumi.
  • Melakukan pengawasan lebih ketat di wilayah hutan yang rawan terbakar.
  • Melarang warga membakar hutan saat melakukan land clearing lahan pertanian.
  • Tidak melakukan percobaan nuklir secara masif untuk mengurangi pencemaran radioaktif.
Manfaat udara sangat besar sekali bagi tubuh kita, karena semua bagian dan organ tubuh kita sangat membutuhkan udara atau oksigen, seperti kulit, otak, jangtung dan organ lainnya, dan semua itu tidak akan mampu bekerja secara normal tanpa adanya udara yang masuk kedalam tubuh  Berikut ini beberapa manfaat udara bersih bagi kehidupan sehari hari: 
1. Untuk bernapas
First thing first, udara merupakan salah satu substansi yang sangat tinggi manfaatnya bagi kelangsungan makhluk hidup. Semua makhluk hidup membutuhkan udara untuk bernapasn atau istilah biologisnya adalah proses respirasi

2. Menyelamatkan nyawa
Seperti yang kita pelajari di sekolah, pohon menggunakan fotosintesis untuk mengubah karbondioksida menjaid oksigen yang kita perlukan untuk bernapas. Dalam setahun, kehadiran pohon bisa menyelamatkan 850 nyawa dan mencegah 670.000 penyakit pernapasan akut. Pohon akan mengusir polusi dari udara sehingga lebih sehat untuk masuk ke dalam paru-paru. Polusi udara sendiri diketahui berdampak sangat buruk, bahkan paparan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker dan bayi lahir cacat.

3. Meningkatkan sistem imun
Sering-seringlah berada di lingkungan dengan udara bersih, terlebih jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang padat. Berolahraga di udara yang bersih juga akan meningkatkan sel pembunuh kuman alami dalam tubuh.

4. Mengusir stres
Berjalan-jalan di bawah rindah pepohonan dan menghirup wanginya bunga bukan hanya membuat kita bahagia tapi juga meningkatkan rasa rileks. Berjalan di udara bersih juga akan membuat kita lebih tenang dan rasa cemas berkurang.  Di sela-sela waktu kerja, sempatkan berjalan sejenak di taman kantor untuk mengembalikan konsentrasi dan menghilangkan penat.

5. Meningkatkan energi
Salah satu cara untuk membuat tubuh lebih berenergi dengan sehat adalah menghabiskan waktu di udara terbuka yang bersih. Aktivitas tersebut diketahui meningkatkan energi hingga 90 persen. Alam adalah energi untuk jiwa.

Jadi intinya agar tetap terciptanya udara segar dan bersih dalam lingkungan kita, maka hendaknya kita  ajak masyarakat untuk melakukan penghijauan lingkungan dengan menanam pepohonan dipinggir jalan, dan melakukan kegiatan gotong royong untuk membersihkan air disekitar kita agar terciptanya air bersih yang akan menghasilkan udara bersih pula. Dan yang terakhir mengurangi penggunaan kendaraan yang akan mencemari atau mengakibatkan polusi udara, yakni dengan cara memanfaatkan kendaraan umum, in Kerana semakin banyak jumlah kendaraan maka akan semakin meningkatlah jumlah polusi yang di timbulkannya, yang lama kelamaan akan mengalahkan oksigen dan membuat kita akan kehilangan udara bersih dan segar.


DAFTAR REFERANSI

  • http://coretanbinderhijau.blogspot.co.id/2013/07/pentingnya-udara-bersih-bagi-kehidupan.html 
  • http://www.ebiologi.com/2015/07/pencemaran-udara-pengertian-penyebab
  • htmlhttp://7manfaat.blogspot.co.id/2015/01/manfaat-udara-bagi-kehidupan.html 
  • http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/08/manfaat-menghirup-udara-segar

Tidak ada komentar: